Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang

Visi Misi Dinas


Kepulauan Riau

Visi

Searah dengan Visi Pembangunan Pemerintah KotaTanjungpinang tahun 2018 – 2023,visi Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang yaitu :

Menjadikan Perpustakaan sebagai Kota yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera dalam Harmoni Kebhinekaan Masyarakat Madani.

Dalam penjelasan Visi ini Dinas Perpustakaan dan ArsipKota Tanjungpinang diharapkan bisa menjadi sumber dalam penelusuran referensi atau rujukan baik dalam bahan pustaka maupun dari khasanah arsip.Disamping itu, dari sisi informasi  diharapkan mampu menyajikan secara InformasiTeknologi (IT) yaitu melalui buku bacaan Digital Online,e-book dan e-catalog. Sehingga memudahkan masyarakat mencari, memilih dan memanfaatkan bahan pustakadan kemudahan memperoleh serta menpelajari bahan – bahan pustaka yang tersedia di Dinas Perpustakaan dan Arsip. Hal ini diharapkan mampu menjadi semangat masyarakat untuk maju dan membentuk minat masyarakat untuk semangat belajar dan membaca untuk memperoleh ilmu dan diharapkan mampu meningkatkan sumber daya manusia  yang dapat bersaing dan menjadi lebih baik.

Misi

  1. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang agamis, berbudaya, berwawasan kebangsaan dan berdaya saing global.
  2. Meningkatkan pengembangan pariwisata dan pwngwmbangan ekonomi kreatif dan usaha ekonomi masyarakat.
  1. Mengembangkan dan melestarikan khasanah budaya lokal dan nusantara untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis, bertoleransi dan kebhinekaan guna mendukung pembangunan berkelanjutan.
  2. Mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang profesional, berwibawa, amanah transparan dan akuntabel didukung dengan struktur birokrasi yang berintegritas dan kompeten.
  3. melanjutkan pembangunan yang adil dan merata serta menciptakan iklim investasi dan usaha yang kondusif yang berwawasan lingkungan dan sistem pengupahan yang berkeadilan.
  4. Untuk dapat meningkatkan pengumpulan, pengelolaan dan pemeliharaan arsip-arsip terutama yang mempunyai nilai evidensial sehingga perlu peningkatan tata kelola kearsipan yang profesional melalui sistem pengelolaan arsip secara konsisten dan benar untuk memudahkan penyimpanan dengan didukung sarana dan prasarana arsip