Visi dan Misi


Visi

 

Searah dengan Visi Pembangunan Pemerintah KotaTanjungpinang tahun 2013 – 2018,visi Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinangyaitu

 

Menjadikan Perpustakaan sebagai Pusat  Wisata Membaca, Tata kelola Kearsipan  yang Profesional dalam mendukung Kota Tanjungpinang yang sejahtera, berakhlak mulia, dan berwawasan lingkungan dengan pemerintahan yang bersih, transparan, akuntabel serta melayani.

 

  Dalam penjelasan Visi ini Dinas Perpustakaan dan ArsipKota Tanjungpinang diharapkan bisa menjadi sumber dalam penelusuran referensi atau rujukan baik dalam bahan pustaka maupun dari khasanah arsip.Disamping itu, dari sisi informasi  diharapkan mampu menyajikan secara InformasiTeknologi (IT) yaitu melalui buku bacaan Digital Online,e-book dan e-catalog. Sehingga memudahkan masyarakat mencari, memilih dan memanfaatkan bahan pustakadan kemudahan memperoleh serta menpelajari bahan – bahan pustaka yang tersedia di Dinas Perpustakaan dan Arsip. Hal ini diharapkan mampumenjadi semangat masyarakat untuk maju danmembentuk minat masyarakat untuk semangat belajar dan membaca untuk memperoleh ilmu dan diharapkan mampu meningkatkan sumber daya manusia  yang dapat bersaing dan menjadi lebih baik.

 

Adapun penjelasan Visi Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang adalah sebagai berikut :

  1. Pusat Pelayanan Perpustakaan, maksudnya adalah menjadikan perpustakaan sebagai tempat koleksi karya tulis, karya cetak dan karya rekam secara professional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan dan penelitian untuk pengunjung perpustakaan (pemustaka).
  2. Pusat wisata Membaca Masyarakat, maksudnya adalah menjadikan perpustakaan sebagai pengembangan minat baca masyarakat dan pembelajaran dengan didukung sarana dan prasarana yang baik.
  3. Tata Kelola Kearsipan yang Profesional, maksudnya adalah pengelolaan arsip berdasarkan kodefikasi dan sesuai tata kelola arsip dengan tujuan untuk menyelamatkan/mengamankan arsip yang bernilai sejarah baik fisik maupun informasinya dan arsip yang dibutuhkan dapat ditemukan kembali secaracepat dan tepat.

 

Misi

  1. Meningkatkan pelayanan Perpustakaan melalui pengembangan sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung perpustakaan lainnya.
  2. Untuk dapat meningkatkan sumber daya manusia yang mampu menjadi profesional dibidangnya sertamampu menunjang program-program pemerintah, dengan mendukung untuk tenaga fungsional Arsiparis dan Pustakawan serta didukung fasilitas sarana dan prasarana perpustakaan yang merupakan kebutuhan padaDinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang.

 

  1. Meningkatkan tata kelola kearsipan yang profesional melalui sistem pengelolaan arsip secara konsisten dan benar, memudahkan penyimpanan, temu balik sehingga arsip-arsip tersebut dapat menjadi bahan referensi atau rujukan para pengambil kebijakan dalam rangka pengembangan organisasi atau unit kerja.

Untuk dapat meningkatkan pengumpulan, pengelolaan dan pemeliharaan arsip-arsip terutama yang mempunyai nilai evidensial sehingga perlu peningkatan tata kelola kearsipan yang profesional melalui sistem pengelolaan arsip secara konsisten dan benar untuk memudahkan penyimpanan dengan didukung sarana dan prasarana arsip.