Bidang Kearsipan


 

 

 

Bidang Kearsipan mempunyai tugas pokok mengkoordinasikan, memfasilitasi dan melaksanakan pembinaan, pengelolaan, perawatan dan akuisisi kearsipan daerah.

 

1. Pemilihan Unit Kearsipan Teladan Tingkat SKPD

 

 

 

Kegiatan pemilihan unit kearsipan teladan telah dilaksanakan dari tahun 2014, merupakan salah satu bentuk upaya bidang kearsipan untuk meningkatkan Tata Administarsi Kearsipan di Lingkungan SKPD Pemko Tanjungpinang. Mengingat pentingnya akan pentaaan administrasi kearsipan baik di tingkat SKPD maupun Kecamatan dan Kelurahan, diharapkan penataan kearsipan di Lingkungan Pemko Tanjungpinang dapat tertata dengan baik dan rapi sesuai Perwako Tanjungpinang Nomor 22 Tahun 2010.

 

Kegiatan ini penting dilakukan guna menunnjang pelayanan yang baik, cepat dan tepat bagi masyarakat.

 

 

 

2. Penelusuran dan Akuisi Arsip Statis

 

 

Pelaksanaan Kegiatan Penelusuran ini tidak kalah pentingnya dengan kegiatan lainnya dibidang Kearsipan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah Koleksi Arsip Statis di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang. Jumlah koleksi arsip yang banyak tentunya menunjang minat para pengunjung untuk datang melihat arsip yang dapat dijadikan rujukan ataupun hanya sekedar melihat-lihat koleksi yang berupa naskah kuno, manuskrip, peta, lanscape maupun denah yang ada di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang.

 

 

Penelusuran Tahun 2016 dilaksanakan dibeberapa tempat di wilayah Kota Tanjungpinang termasuk  Kabupaten Bintan. Diharapkan semua pihak dapat mendukung dan bersama-sama membantu Dinas Perpustakaan dan Arsip dalam upaya penyelamatan dan penambahan koleksi arsip sejarah yang ada di Kota Tanjungpinang, khususnya serta Provinsi Kepulauan Riau pada umumnya.

 

 

3. Pembinaan dan Penataan Kearsipan Di Lingkungan OPD Kota Tanjungpinang

 

 

Kegiatan ini merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 serta Peraturan Walikota Nomor 22 Tahun 2010, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tugas dan fungsi dari Bidang Kearsipan sebagai Lembaga Kearsipan Daerah dalam membina sekaligus membantu mengarahkan kepada OPD terkait penataan dan pelakuan yang layak terhadap arsip, baik arsip pelayanan, pemerintahan dan hal keuangan. Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak tahun 2014.

 

 

Pemilihan sasaran ini tentu memiliki alasan dan kriteria tersendiri berdasarkan observasi lapangan yang dilakukan langsung oleh tim. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini penataan arsip yang baik dapat menjadi cermin pelayanan prima kepada masyarakat yang notabennya adalah pengguna jasa dari Kecamatan dan Kelurahan tersebut.