Bidang Pengembangan dan Perawatan Perpustakaan


 

Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak dan atau karya rekam secara professional dengans istem yang baku, guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka.

 

Perpustakaan sebagai sebuah pusat pengetahuan dan pusat pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan masyarakat karena didalamnya tersedia begitu banyak informasi yang digunakan oleh masyarakat. Perpustakaan adalah “gudang ilmu”, bukan gudang buku seperti selama ini dipersepsikan orang pada umumnya.

 

Ada tiga kegiatan utama dalam penyelenggaraan perpustakaan yaitu menghimpun, mengelola dan menyajikan layanan informasi. Keberadaan dan pemberdayaan perpustakaan sudah menjadi komitmen pemerintah, bahwa perpustakaan diharapkan dapat berfungsi menjadi fasilitas pembelajaran bagi masyarakat. Adanya pemanfaatan gedung/ruangan yang sudah ada, mengadakan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dan yang peduli dengan perpustakaan, meningkatkan sarana dan prasarana perpustakaan. Meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan perpustakaan kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi serta menyediakanbuku-buku dan bahan bacaan.

 

Dengan kekayaan sumber ilmu pengetahuan yang dimilikinya, perpustakaan sebenarnya merupakan salah satu factor pendukung utama bagi pemerintah ketika akan melaksanakan program pembangunan, baik fisikmaupun mental karena melalui perpustakaan, informasi tentang kebijakan pembangunan dapat disebarluaskan pada masyarakat dengan cara yang lebih efektif dan menjangkau berbagai lapisan masyarakat, baik lapisan sosial, pendidikan, usia, suku bangsa, maupun lapisan ekonomi. Hal ini dapat terjadi karena di perpustakaan tidak ada pembedaan terhadap pengunjung. Semua orang dilayani sesuai dengan kebutuhannya, bukan statusnya. Koleksi adalah inti sebuah perpustakaan dan menentukan keberhasilan layanan. Bukanlah perpustakaan namanya bila tidak memiliki koleksi.

 

Untuk perawatan bahan pustaka adalah salah satu unsur penting dalam sebuah sistem perpustakaan, sehingga harus dilestarikan. Pelestarian ialah mengusahakan agar bahan pustaka yang dikerjakan tidak cepat mengalami kerusakan. Bahan pustaka yang mahal, diusahakan agar awet, bisa dipakai lebih lama dan bisa menjangkau lebih banyak pembaca/pemustaka perpustakaan.        Oleh karena itu DinasPerpustakaan danArsip kota Tanjungpinang berupaya menyelamatkan koleksi-koleksi bahan pustaka yang ada di Perpustakaan Kota Tanjungpinang.

Tujuan dari perawatan Bahan Pustaka adalah untuk menyelamatkan nilai informasi dokumen, memelihara, merawat dan memperbaiki koleksi-koleksi bahan pustaka pada Dinas Perpustakaan dan Arsip KotaTanjungpinang dalam memberikan layanan kepada masyarakat.