SOSIALISASI PERATURAN WALIKOTA NOMOR 39 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN TATA KEARSIPAN DAN JADWAL RETENSI ARSIP DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA TANJUNGPINANG

Diterbitkan : Jum'at, 04 Oktober 2019, Pukul 16:59 WIB


SOSIALISASI PERATURAN WALIKOTA NOMOR 39 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN TATA KEARSIPAN DAN JADWAL RETENSI ARSIP

DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA TANJUNGPINANG

 

Senin, 30 September 2019 di Aula Bulang Linggi Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang.

Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul S.Pd, memberikan pengarahan sekaligus membuka acara Sosialisasi Peraturan Walikota Nomor 39 Tahun 2017 tentang Pedoman Tata Kearsipan dan Jadwal Retensi Arsip di Lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang. Dalam pengarahannya Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul S.Pd, mengihimbau kepada seluruh pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang, perlu melakukan perubahan-perubahan untuk mewujudkan Sadar Arsip dan Tertib Dalam Penyelenggaraan Kearsipan, salah satunya dengan terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini, yang merupakan upaya dalam pemantapan dan pemahaman terhadap 4 (empat) pilar kearsipan yang terdiri dari, Tata Naskah Dinas, Klasifikasi Arsip, Jadwal Retensi Arsip (JRA) dan Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip Dinamis (SKKAAD). Sebelum mengakhiri pengarahannya, Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul S.Pd juga berharap melalui kegiatan sosialisasi ini, dapat memberikan pandangan untuk lebih meningkatkan pengelolaan arsip kepada OPD didalam lingkungan kerjanya masing-masing, hal tersebut juga merupakan salah satu unsur pembinaan guna penataan kearsipan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Bidang Kearsipan di Lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang. Dalam acara tersebut turut dihadiri, Wakil Walikota Rahma, S.IP, dan Kepala OPD, Kabag Hukum, Camat, Lurah se-Kota Tanjungpinang.

Tujuan penyelenggaraan sosialisasi ini guna mewujudkan Penyelenggaraan Kearsipan Yang Kompeten, Professional serta Menumbuhkan Sadar Arsip bagi Pengelola Arsip di OPD dan mampu Mengelola Kearsipan sesuai dengan Kaidah Tata Kearsipan yang berlaku dalam Penetapan JRA dan SKKAAD sehingga dapat mendukung kelancaran kearsipan di Lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Drs. H. Wan Samsi, M.M dalam laporannya menjelaskan bahwa Sosialisasi Peraturan Walikota Nomor 39 Tahun 2017 tentang Pedoman Tata Kearsipan dan Jadwal Retensi Arsip di Lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang yang  berlangsung selama 1 (satu) hari penuh di Aula Bulang Linggi Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, yang diikuti oleh +100 orang peserta yang terdiri dari Sekertaris OPD, Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Sekretaris Kecamatan dan Sekretaris Kelurahan se-Kota Tanjungpinang. Adapun acara tersebut menghadirkan Narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia yaitu Kepala Sub Direktorat Daerah II Bidang Pembinaan Kearsipan (Ibu Majuni Susi, S.Sos) dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau yakni Ibu Ir.Syafmimi (Arsiparis Ahli Madya) serta Ibu Rismaini, S.Sos. (Arsiparis Ahli Muda).