Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang

MENYELENGGARAKAN BIMTEK PENGELOLAAN DAN PERAWATAN PERPUSTAKAAN

Keterangan Gambar : Kota Tanjungpinang setiap tahunnya memberikan penghargaan atau apresiasi kepada perpustakaan

      Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang menyelenggarakan Bimtek Pengelolaan dan Perawatan Perpustakaan Tahun 2019 yang diikuti 76 pengelola perpustakaan SD/MI se-Kota Tanjungpinang.

Bimtek yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan arsip Kota tanjungpinang di buka oleh Walikota Tanjungpinang Bapak H. Sahrul, S.Pd jumat, 06 september 2019 bertempat di Aula Bulang Linggi Dinas Peprpustakaan dan arsip Kota Tanjungpinang dan disejalankan dengan pengukuhan ATPUSI periode 2019-2023. Tujuan diselenggarakannya bimtek adalah untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) kususnya pengelolaan perpustakaan agar menjadi tenaga pengelola profesional. Walikota Tanjungpinang mengapresiasi dan menyambut baik dengan diselenggarakannya Bimtek ini. Dalam pengarahannya Walikota menyampaikan bahwa  Perpustakaan sekolah merupakan perpustakaan yang berada pada satuan pendidikan formal yang merupakan bagian integral dari kegiatan sekolah dan merupakan salah satu pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah dan mencerdaskan anak bangsa.

Kita ketahui bersama keberadaan perpustakaan sekolah perlu diperhatikan secara serius, karna bisa dikatakan Sumber Daya Manusia (SDM)  yang ada dari segi keilmuan dalam mengelola perpustakaan masih belum memiliki kompetensi.  Berdasarkan informasi yang didapat hampir 75 % (persen) pengelola perpustakaan yang ada belum memiliki keahlian dan kemampuan sebagai pengelola perpustakaan. Walikota TPI menyampaikan juga untuk memotivasi perpustakaan sekolah Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Perpustakaan dan arsip Kota Tanjungpinang setiap tahunnya memberikan penghargaan atau apresiasi kepada perpustakaan terbaik, Insyaallah  tahun depan tidak hanya perpustakaan yang dinilai tetapi pengelola perpustakaan akan mendapatkan juga penghargaan atau apresiasi sebagai pengelola perpustakaan terbaik.

Pada Kesempatan ini juga Walikota menyampaikan harapan kepada seluruh Kepala Sekolah yang hadir agar lebih peduli serta perhatian dan bertanggungjawab terhadap perpustakaan sekolahnya.  Tak lupa juga Walikota meminta kepada ATPUSI agar saling bersinergi guna mewujudkan perpustakaan sebagai pusat pembelajaran di sekolah. Dan yang terakhir seluruh peserta Bimtek agar dapat mengimplementasikan/menerapkan  ilmu yang telah didapat pada kegiatan Bimtek ini. 

 

MDA-Enterprise Tanjungpinang